PHP Unit Test Explorer With Laravel Sail

Image
What is PHP Unit Test Explorer Before we discuss in deep, i want to explain the standard definition. PHP Unit Test Explorer is one of extensions in visual studio code. You can search in extension menu and install it.  After installed, you can find it on sidebar. It has test tube icon. Laravel Sail Laravel sail is one of laravel tools for easy and consistent development. Under the hood, it uses docker and docker compose. One advantage using sail is we don't need to setup bunch of php and web server configuration. It was already handled by sail. We just need to run docker compose command or via sail command. You can learn more detail about how sail works in Laravel documentation here . What if we want to implement TDD in Laravel? As developer, we need to make sure our code run well. So, we need to test it by implementing TDD. Luckily, Laravel support TDD by default. You can run artisan command to generate test file. In the newest version, Laravel supports phpunit and pest configurati

Belajar Database, Belajar Pentingnya Sebuah Data

Tulisan ini seharusnya saya buat bulan Agustus, lagi-lagi karena hal mendadak, saya harus menundanya sampai saat ini. Dari bulan kemarin hingga bulan ini, saya harus mengatur waktu. Ada beberapa project kecil dan project impian yang harus saya tangani. Awalnya saya tidak menduga akan mendapatkan beberapa project begitu cepat. Karena saya berkomitmen untuk mengalokasikan waktu hingga akhir tahun untuk belajar banyak hal di dunia IT. Namun, Allah punya rencana yang lebih baik.

Baik, Belajar tentang perkembangan IT sekarang ini, belajar tentang entitas data. Kite mengenal variabel dalam bahasa pemorgraman. Tempat menyimpan data yang akan diolah oleh komputer. Variabel tidak akan bertahan lama pada memori komputer. Variabel tidak dikhusukan menyimpan data dengan jangkan waktu lama. Para Expert di dunia komputasi menyadari hal itu dan akhirnya mendesign program untuk menyimpan data lebih lama, bahkan sangat lama dengan aman dan efisein. Maka, jadilah program-program managemen database seperti Mysql, Oracle, Postgres dan lainnya.

Saya memutuskan untuk mempelajari 4 hal yaitu MYSQL, Postges, Redis dan Mongodb. 2 minggu awal bulan juli, saya menghabiskan waktu mempelajari MYSQL dan Postgres. Walaupun dengan waktu terbatas, saya mencoba mencari banyak referensi mengenai 2 RDBMS tersebut. Sedikit banyak yang saya pelajari. Mengenai query, Transaction, view, trigger dan procedure. Lebih jauh saya mulai memahami replication. Kedua aplikasi tersebut sangat populer hingga banyak digunakan pihak hosting sebagai basis data penggunaan layanannya. Sejauh ini MYSQL yang paling populer digunakan pengembang web.

Sementara pada 2 minggu berikutnya, saya belajar teknologi yang menurut saya baru yaitu redis dan mongodb. 2 aplikasi ini mengusung konsep noSQL. konsep yang sangat berbeda denga RDBMS. selain itu, sejauh dari referensi yang saya pahami, 2 aplikasi ini memiliki peforma yang sangat bagus dan cepat. Namun, baik RDBMS maupun noSQL tidak akan saling menggantikan, Sebaliknya, kedua konsep ini akan saling bekerja sama untuk menciptakan aplikasi tangguh yang akan menjawab tantangan kedepannya.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Memutuskan Menjadi Seorang Freelancer?

PHP Unit Test Explorer With Laravel Sail

Completely a Mess or Achievement ? Evaluasi 2 Tahun di Jakarta