PHP Unit Test Explorer With Laravel Sail

Image
What is PHP Unit Test Explorer Before we discuss in deep, i want to explain the standard definition. PHP Unit Test Explorer is one of extensions in visual studio code. You can search in extension menu and install it.  After installed, you can find it on sidebar. It has test tube icon. Laravel Sail Laravel sail is one of laravel tools for easy and consistent development. Under the hood, it uses docker and docker compose. One advantage using sail is we don't need to setup bunch of php and web server configuration. It was already handled by sail. We just need to run docker compose command or via sail command. You can learn more detail about how sail works in Laravel documentation here . What if we want to implement TDD in Laravel? As developer, we need to make sure our code run well. So, we need to test it by implementing TDD. Luckily, Laravel support TDD by default. You can run artisan command to generate test file. In the newest version, Laravel supports phpunit and pest configurati

Laporan Bulanan Seputar Web Programming

Alhamdulillah, bersamaan dengan puasa dan lebaran 1438H saya bisa menyelesaikan 3 Materi besar yatu HTML5, Javascript, Wordpress. Sebelumnya saya ucapkan selamat berlebaran. Semoga Allah menerima amalku dan amal kalian.

Dari 3 Materi tersebut, Javascriptlah yang banyka menyita perhatian saya(selama 2 minggu). Minggu pertama bulan juni, saya gunakan untuk membangun pemahaman dasar tetang HTML 5. Saya tertarik dengan role attribut serta semantik yang diusung HTML 5. Dengan ditemani buku dari pactpub, saya menjelajahi lautan tag html. Dengan memanfaatkan semantic baru, website kita akan lebih ramah terindex mesin pencari macam google. Semantic tersebut juga akan memudahkan front-end developer menyusun kodenya dengan jelas.

Minggu kedua saya gunakan untuk mempelajari CSS. Sebenarnya saya sudah memiliki dasar pemahaman tentang CSS. Saya hanya perlu memperdalam konsep serta menyimpan banyak atribut penting di kepala. Memadukan teknik html dan css, saya mencoba membuat template front-end yang akan menjadi webblog saya untuk mengaplikasikan apa yang telah saya pelajari.



Seperti biasa, saya selalu menyimpan semua dokumentasi serta tracking project di github pribadi saya. Sebenarnya banyak hal teknis yg sudah saya pelajari. Namun, saya tidak akan membahasnya secara detail di sini. Semua artikel di sini saya maksudkan sebagai catatan perjalanan saya dalam mempelajari dunia programming lebih dalam. Garis besar yang saya tunjukan. Jika anda kebetulan tertarik dengan hal-hal teknis, anda bisa berdiskusi dengan saya maupun mengunjungi laman github saya. Insya allah kita akan sama-sama dapat ilmu

Setelah satu minggu mempelajari CSS, Saya mulai mengerjakan UI yang akan menjadi tampilan web utama saya. Untuk sementara saya akan tempatkan di github.io. kedepan, saya akan pertimbangkan memakai layanan heroku. Dalam membangun tampilan dasar ini, saya mempelajari beberapa atribut penting seperti penggunaan gardient pada color background dan membuat arrow style dari border serta implementasi adaptive web design untuk multi view mobile dan desktop.

Walaupun belum begitu maksimal mendalami CSS, saya sudah harus melanjutkan materi ke pembahasan javascript. Javascript benar-benar menyita banyak perhatian saya. Saya gunakan 2 minggu penuh untuk memahami dasar javascript. Memang tidak akan cukup, namun saya setidaknya sudah memiliki basicnya. Saya sudah sedikit beradaptasi dengan tipe data dan pola yang ada di javascript. Pemahaman tentang hoisting, variable scope dan closure, prototyping dan oop versi javascript, sudah saya pahami  dasarnya. Sisanya, insya allah akan lebih diperdalam saat menemui kasus yang akan diimplementasikan ke dalalm project nyata.

Saya menyediakan sedikit porsi mengenai pembelajaran wordpress dikarenakan adanya perubahan jadwal. Wordpress akan saya jadwalkan bersamaan dengan materi php karena jantung wordpress terbuat dari php. Maka, perlu sekali memahami php secara utuh untuk kelancaraan pembelajaran Wordpress.

Semoga bermanfaat bagi saya pribadi lebih-lebih orang lain.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Memutuskan Menjadi Seorang Freelancer?

PHP Unit Test Explorer With Laravel Sail

Completely a Mess or Achievement ? Evaluasi 2 Tahun di Jakarta