PHP Unit Test Explorer With Laravel Sail

Image
What is PHP Unit Test Explorer Before we discuss in deep, i want to explain the standard definition. PHP Unit Test Explorer is one of extensions in visual studio code. You can search in extension menu and install it.  After installed, you can find it on sidebar. It has test tube icon. Laravel Sail Laravel sail is one of laravel tools for easy and consistent development. Under the hood, it uses docker and docker compose. One advantage using sail is we don't need to setup bunch of php and web server configuration. It was already handled by sail. We just need to run docker compose command or via sail command. You can learn more detail about how sail works in Laravel documentation here . What if we want to implement TDD in Laravel? As developer, we need to make sure our code run well. So, we need to test it by implementing TDD. Luckily, Laravel support TDD by default. You can run artisan command to generate test file. In the newest version, Laravel supports phpunit and pest configurati

Belajar C dan C++ serta sedikit Qt

Saya baru bisa menulis apa yang sudah saya pelajari bulan lalu. Semangat menulis serta waktu yang tepat saya jadikan alasan. Baiklah, Bulan lalu saya meluangkan waktu satu bulan untuk belajar 3 judul besar yaitu C , C++ dan QT. Saya sadar waktu 1 bulan sangatlah terbatas untuk mempelajari 3 judul tersebut, namun setidaknya saya memperoleh gambaran besarnya.

Saya menyimpulkan hasil yang saya pelajari memperoleh pencapaian sekitar 30%, angka yang cukup kecil untuk 3 hal tersebut.

Mengapa 30% ?

Karena bulan lalu, saya tidak cukup serius melakukan pendekatan-pendekatan konsep. Alasan yang bisa saya sediakan ialah cukup banyak hal yang harus saya lakukan untuk menghasilkan uang. Setidaknya untuk kebutuhan internet bulanan saya ( walaupun dengan kecepatan seadanya). Saya harus meluangkan waktu menerima project design, pembuatan software, menjadi penyalur informasi penjualan laptop bekas dan konsultasi masalah seputar troubleshooting laptop pengguna awam ( yang ini tidak menghasilkan uang, karena konsultasinya melibatkan orang yang istimewa dalam hidup saya ).

Setidaknya dalam bahasa C, saya sedikit banyak paham perihal pointer dan penggunaannya. Saya juga mulai memahami istilah passing by value dan passing by reference (memiliki hubungan erat dengan pointer). Selebihnya masih cukup abstrak bagi saya ( terutama struct ). Saya belum sempat untuk mendalami perihal Struct.

C++ sebenarnya saya gabung dengan QT karena bahasa yang dipakai dilingkungan QT framework ialah C++. Jujur saya belum dapat banyak dari belajar QT. Saya hanya membuka beberapa lembar ebook dalam bahasa inggris dan belum dapat memahami penuh semuanya. Sekali lagi, alasannya saya harus membagi fokus dengan hal lain.

Project Qt bersama komunitas BGLI lah yang cukup membantu saya memahami lingkungan pengembangan berbasis QT. Komunitas BGLI mengembangkan aplikasi berbasis QT yaitu "Kamus Besar Bahasa Indonesia". Pengembangannya masih aktif sampai saat ini (silahkan cek di sini). Kalian juga bisa ikut belajar dan berkontribusi di sana.

Artikel singkat ini mungkin masih belum menjelaskan semua laporan saya bulan lalu. Namun, setidaknya saya sudah berusaha meluangkan waktu untuk menuliskannya. Saya akan memperbaiki dan terus melakukan perbaikan blog ini saat waktu benar-benar memungkinkan.

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Saya Memutuskan Menjadi Seorang Freelancer?

PHP Unit Test Explorer With Laravel Sail

Completely a Mess or Achievement ? Evaluasi 2 Tahun di Jakarta